Jakarta – Humas BRIN, Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor ( HA IPB) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional menjalin kerja sama tentang “Kolaborasi Riset dan Pemanfaatan Hasil Riset dan Inovasi”. Kerja sama tersebut diwujudkan dalam penandatangan Nota Kesepahaman, Minggu (27/02).

Acara penandatanganan tersebut bersamaan agendanya dengan acara rakernas pertama HA IPB 2022. Rakernas HA IPB bertujuan merumuskan program kerja dan mensinergikan seluruh organ HA IPB dalam merealisasikan program kerjanya. Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Mego Pinandito selaku Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional dan Walneg S Jas selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB).

Kerja sama antara kedua belah pihak yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman meliputi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi; penggunaan bersama sarana dan prasarana yang dimiliki; penyelenggaraan kegiatan ilmiah antara lain dalam bentuk seminar, workshop dan lokakarya; pertukaran personil dan/atau tenaga ahli; pertukaran atau berbagi pakai data dan/atau informasi diantara kedua belah pihak. Jangka waktu kerja sama yang dilakukan selama 4 (empat) tahun.

Ketua Umum DPP HA IPB Walneg S Jas dalam sambutannya menjelaskan, program kerjanya melanjutkan dan memperkuat legacy yang sudah dilaksanakan pada periode sebelumnya, diantaranya Mentoring Leader, Diaspora Mentoring, hingga gelaran HA IPB Awards. HA IPB juga telah merumuskan delapan rencana program baru yang akan akan dimulai pada tahun 2022 ini salah satunya yang terkait program peningkatan kerja sama dengan beberapa kementerian/badan/lembaga baik pemerintahan dan non pemerintahan yang bertujuan untuk berkolaborasi dalam menjalankan program HA, seminar, workshop dan penyediaan tempat magang bagi mahasiswa IPB University. (VRP/Ed MAA)

Sebarkan