Jakarta.Humas-BRIN. Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan kepada 488 Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) di lingkungan BRIN, melalui daring dan luring, di Jakarta, Kamis (23/6).

Para pejabat fungsional yang dilantik berasal dari 6 JFT, yaitu peneliti, perekayasa, teknisi penelitian, pengembang teknologi nuklir, analis kepegawaian, dan analis hukum.

Para pegawai yang dilantik terdiri dari 1 Peneliti Ahli Madya Kemenparin, 10 Peneliti Ahli Pertama Kementan, 1 Perekayasa Ahli Pertama KKP, 1 Teknisi Penelitian dan Perekayasaan Kementan, 123 Pengembang Teknologi Nuklir (PTN) Ahli Madya, 157 Pengembang Teknologi  Nuklir Ahli Muda, 176 Pengembang Teknologi Nuklir Ahli Pertama, 1 Analisis Kepegawaian Ahli Pertama, 3 Analisis Hukum Ahli Madya, 3 Analisis Hukum Ahli Muda, dan 11 Analisis Hukum Ahli Pertama.

Dalam sambutannya, Handoko menyingggung penyesuaian nomenklatur sesuai jenjangnya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), yaitu ada 2 JFT yaitu Pengembang Teknologi Nuklir dan Pranata Nuklir. “Tentu kita harus menyesuaikan dan melakukan pelantikan ulang, dan tentunya kita harus mengapresiasikan bahwa tunjangan Perpres kedua jafung ini sudah dilansir. Maka hak keuangan dari bapak, ibu, dan teman-teman sebagai pejabat fungsional, tidak terganggu,” ujar Handoko.

Selanjutnya Handoko menjelaskan bahwa rangkaian pelantikan ini memang menjadi tugas dan kewajiban BRIN.  Sebagaimana juga dari kementerian/ lembaga yang lain, apakah itu terkait dengan kenaikan promosi, kenaikan jenjang, serta kenaikan. Selain itu, juga adanya perubahan nomenklatur, seperti pada kasus jafung Pengembang Teknologi Nuklir (PTN).

“Kita bersyukur, bisa melakukan kegiatan ini dengan lancar, meskipun memakan waktu karena urusan ini tidak berhenti dengan kita saja. Kalau Perpres urusannya dengan banyak ASN yang lain, Alhamdulillah semuanya sudah dilansir. Kita tinggal menunggu finalisasi juknis untuk Jafung PTN, yang saat ini sedang di godog bersama dengan teman-teman KemenPAN RB. Sekaligus dengan Jafung perekayasa, mengikuti regulasi baru yang dikeluarkan oleh KemenPAN RB pada Mei lalu,” ucap Handoko.

Di akhir sambutannya, Handoko turut mengucapkan selamat kepada seluruh pejabat fungsional yang dilantik dan menjadi anggota keluarga besar BRIN.  “Semoga pelantikan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi bapak, ibu, dan teman-teman. Semakin memotivasi, semakin kuat untuk bisa berkontribusi, semakin baik. Semakin berkualitas, untuk bangsa dan negara kita,” pungkasnya. (trs/ed. ns).

Sebarkan