ASPIRE merupakan penghargaan tahunan bagi peneliti muda APEC yang memiliki komitmen tinggi dalam penelitian yang diidentifikasi melalui kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah kerja sama serta kolaborasi aktivitas penelitian yang dilakukan dengan anggota ekonomi APEC lainnya.

Dalam rangka mendukung pengembangan integrasi model Bio-circular-green (BCG) economy, Social and Governance (ESG) practices serta Responsible Business Conduct (RBC) di sector swasta, ASPIRE 2022 mengusung tema “Innovation to Achieve Economic, Environmental, and Social Goals”. Nominasi akan dipilih dari peneliti yang berkontribusi dalam mendorong kemajuan bidang biologi, mempromosikan keberlanjutan atau membuat gebrakan dalam mendukung sistem pertanian.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selaku focal point APEC Policy Partnership for Science, Technology and Innovation (PPSTI) akan melakukan seleksi untuk menentukan 1 (satu) orang finalis peneliti muda dari Indonesia yang akan berkompetisi dengan peneliti muda dari ekonomi APEC lainnya dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peneliti berusia di bawah 40 (empat puluh) tahun sampai batas tanggal 31 Desember 2020.
  2. Dapat menyampaikan komitmen penelitian ilmiahnya dan menjalin kerja sama dengan para peneliti dari anggota ekonomi APEC di bidang penelitian seperti: biologi, kimia, ilmu lingkungan, fisika, matematika, ekonomi, ilmu sosial dan bidang lain yang relevan. 
  3. Melampirkan jumlah publikasi ilmiah dan indeks sitasi.  

Pemenang APEC ASPIRE 2022 akan mendapatkan penghargaan sebesar USD 25,000 yang disponsori oleh Wiley and Elsevier.

Peneliti muda yang berminat dan memenuhi kualifikasi dapat menyampaikan Nomination Form beserta dokumen pendukung lainnya (soft file) yang terdiri dari CV, surat rekomendasi dan foto (tidak lebih dari 250*300 pixel) paling lambat tanggal 23 Mei 2022, yang dikirimkan kepada:

Sekretariat APEC PPSTI Indonesia
Biro Hukum dan Kerja Sama
Badan Riset dan Inovasi Nasional
Gedung B.J Habibie Lt. 22
Jl. M.H. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat
Telp: (021) 316 9684

Email: klnregionalmultilateral@brin.go.id cc: kerjasama@brin.go.id

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui ASPIRE Prize 2021 | APEC . dan template dokumen nominasi dapat di download di sini

Sebarkan