Surabaya – Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika (PRTH) menjalin kerja sama dengan PT. Octagon Precision Indonesia dan FMIPA Universitas Brawijaya dalam rangka pengembangan Sub Sea Compact Swimmer Thruster. Untuk mendorong kegiatan penelitian tersebut maka dilakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara PRTH BRIN, PT. Octagon Precision Indonesia dan FMIPA Universitas Brawijaya secara daring pada Selasa, (22/03).   

Sub Sea Compact Swimmer Thruster merupakan modul propulsi elektrik yang memiliki daya dorong kuat yang menyatu dengan swimmer dengan tujuan untuk membantu mendorong para penyelam,” jelas Widjo Kongko selaku Plt. Kepala PRTH dalam sambutanya. Widjo menjelaskan bahwa produk swimmer thruster tidak hanya untuk membantu para penyelam pariwisata tetapi juga penyelam dari TNI Angkatan Laut dalam menjaga keamanan wilayah Indonesia. “Semoga kegiatan bersama ini tidak hanya sebatas karya tulis dan teknologi saja tetapi harus sampai ke hilirnya yaitu paten dan produknya bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat,” tambah Widjo.

Direktur Utama PT. Octagon Precision Indonesia Sumardi mengatakan bahwa perjanjian kerja sama ini merupakan yang pertama antara PT. Octagon Precision Indonesia dengan PRTH BRIN. Indonesia sendiri memiliki beberapa spot diving terbaik di dunia, salah satunya yang terletak di perairan Nusa Tenggara Timur. Likupang Timur ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Likupang) yang diproyeksikan dapat menarik investasi sebesar Rp. 5 Triliun. Likupang juga memiliki sektor pariwisata dengan tema resor (resort) dan wisata budaya. Selain itu, kawasan Kupang merupakan destinasi pariwista utama di Indonesia. “Semoga dengan perjanjian kerjasama ini dapat mendukung kawasaan pariwisata di Kupang,” ujar Sumardi.

Dekan FMIPA Universitas Brawijaya Widodo menyampaikan ucapan terima kasih atas terealisasinya kerja sama ini, terlebih lagi pada kegiatan ini universitas terlibat langsung dalam kegiatan untuk kebutuhan masyarakat. Pihaknya berharap BRIN dan PT. Octagon Precision Indonesia dapat membantu Universitas Brawijaya terlibat aktif dalam proses pendidikan mahasiswa di Universitas Brawijaya. Salah satunya melalui program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang dapat dilakukan bersama BRIN. Selain itu, diharapkan kerjasama ini dapat berlanjut dengan perekrutan alumni berprestasi Universitas Brawijaya di bidang Industri. (aml/ ed: sao, aps)  

Sebarkan