Jakarta – Humas BRIN RI. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan penandatanganan nota kesepahaman di gedung BJ Habibie Thamrin pada Rabu (09/02). Nota kesepahaman yang ditandatangani langsung oleh Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dan Kepala BIG, Muh Aris Marfai ini merupakan upaya kedua belah pihak untuk memperkuat kerja sama di bidang riset dan inovasi.

“Hari ini kita sepakat untuk meningkatkan kapabilitas pembangunan informasi geospasial secara nasional, juga demi terwujudnya kebijakan satu peta dalam kerangka NKRI. Ini program prioritas dari manifestasi Nawa Cita yang tujuannya menciptakan satu peta yang terunifikasi, akurat, dan akuntabel dengan skala yang sama dalam mendukung perencanaan pembangunan, penyediaan infrastruktur, penerbitan izin, konsesi, hak atas tanah, dan kebijakan nasional yang berbasis spasial,” ungkap Handoko.

Ruang lingkup dari nota kesepahaman yang ditandatangani ini meliputi pelaksanaan riset dan inovasi terkait penyelenggaraan informasi geospasial, pemanfaatan hasil riset dan inovasi bidang informasi geospasial, berbagi pakai data dan informasi geospasial, pendayagunaan kepakaran riset dan inovasi di bidang informasi geospasial, pengembangan sumber daya manusia, serta penggunaan sarana dan prasarana

“Dengan adanya kolaborasi terkait riset dan inovasi Informasi Geospasial, ini menjadi milestone penting dalam pemanfaatan IG antara BIG dengan BRIN. BIG akan mengawal penyelenggaraan peta dasar skala besar 1:5.000 selama dua hingga tiga tahun ke depan. Upaya ini tentunya membutuhkan dukungan setiap instansi, termasuk BRIN,” ungkap Aris.

Kerja Sama yang nantinya terjalin selama kurun waktu 5 (lima) tahun antara BRIN dan BIG ini akan menyinergikan sumber daya dan kompetensi yang dimiliki guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi untuk berkontribusi dalam pencapaian terwujudnya riset dan inovasi dalam rangka penyelenggaraan informasi geospasial serta upaya untuk menciptakan pelayanan informasi yang optimal.

Turut hadir dalam acara penandatanganan nota kesepahaman ini Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Iptek BRIN; Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN; Plt. Kepala OR Penerbangan dan Antariksa; Plt. Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama BRIN; Deputi Bidang Informasi Geospasial Dasar BIG; Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama BIG; Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai BIG, serta Koordinator Humas dan Kerja Sama BIG.

Sebarkan