Bulukumba – Humas BRIN, Pemerintahan Kabupaten Bulukumba bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi (BRIN) melalui Direktorat Manajemen Talenta mengadakan Pekan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022 pada tanggal 14-17 Juni 2022 di Bulukumba. Gelaran kegiatan PIR Regional merupakan wujud keberhasilan pembinaan generasi muda di Kabupaten Bulukumba.

Wakil Bupati Bulukumba, H. A. Edy Manaf menegaskan, kegiatan PIR Regional menjadi bukti keberhasilan pembinaan generasi muda di daerahnya. “Keberhasilan ini akan mendorong kreativitas, bukan hanya diri sendiri, namun juga lingkungan peserta PIR Regional Sulawesi Selatan,” tegas Edy Manaf.

Lebih lanjut, Edy Manaf menyatakan kesiapan daerahnya untuk menjadi tuan rumah pada Pekan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) tahun 2023 mendatang. Hal ini disampaikan pada pembukaan PIR Regional Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022, Selasa (14/06).

Dengan mengusung  tema “Peran Pemuda sebagai Aset Bangsa dalam Pengembangan Destinasi Wisata dengan Konsep Sustainable Tourism”, kegiatan ini dikuti sebanyak 120 Siswa/i SMA dan SMP sederajat dari 7 (tujuh) Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Direktur Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Iptek BRIN, Sudi Ariyanto, menjelaskan pentingnya kegiatan PIR yang diselenggarakan BRIN bersama Pemerintah Daerah Bulukumba. “PIR merupakan cara kita untuk melihat sebuah masalah yang ada di daerah Bulukumba, utamanya masalah sampah di daerah pariwisata. Bagaimana mencari solusi dari beberapa sudut pandang dengan kekuatan riset inovasi,” tegas Sudi.

Sudi menambahkan, pada PIR kali ini akan ada tiga bidang berbeda yang diteliti terkait pengelolaan sampah di Bira. “Akan ada 3 bidang berbeda. Nantinya peserta PIR akan dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas Teknik, Ilmu Pegatahuan Alam , dan Ilmu Pengetahuan Sosial,”  jelas Sudi.

Pada perkembangannya, lanjut Sudi, penelitian di Bidang Teknik akan memanfaatkan sampah yang berserakan di pantai sebagai partical board. Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) akan melihat dan meneliti kelangsungan biodiversitas yang dihubungkan dengan sampah yang ada di Pantai Bira. Sedangkan bidang Sosial akan melihat persepsi pelaku usaha dengan banyaknya sampah yang ada di Bira serta perilaku pengunjung dalam membuang sampah.

Ketua Panitia PIR Regional Sulawesi Selatan, Surisman berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan ide kreatif bagi para remaja . “Sudah ke-13 kali kegiatan PIR dilaksanakan. Besar harapan kegiatan ini menjadi wujud pengembangan Kabupaten Bulukumba untuk memberikan ide kreatif serta mewujudkan Bulukumba yang berbudaya berkarakter, dan berkelanjutkan berdasarkan sains yang sesuai dengan tema PIR tahun ini,” harapnya.

Nantinya peserta akan mendapatkan pelatihan selama empat hari penuh mengenai materi metodologi, pembimbingan penelitian lapangan, pengolahan data, penulisan akhir laporan penelitian serta memoresentasikan hail penelitiannya. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat memacu ide kreatif peserta untuk memecahkan masalah yang ada di daerahnya, terutama masalah sampah yang ada di Kabupaten Bulukumba (val/ed.yt,pur)

Sebarkan