Jakarta – Humas BRIN, Dalam rangka mendukung pemerataan kebijakan ilmu pengetahuan-teknologi dan inovasi (iptekin) dan mengakselerasi pertumbuhan sosial dan ekonomi. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang dan Universitas Okmin Papua sepakat mengadakan kerja sama di bidang pendidikan, riset, dan inovasi pada Selasa, (18/01).

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan Kabupaten Pegunungan Bintang yang terletak di wilayah perbatasan dan karakteristik dataran tinggi memiliki keunikan tersendiri untuk sosial dan budayanya. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi BRIN dalam mendorong kegiatan riset dan inovasi di Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Kami siap memberikan dukungan, khususnya dalam bentuk fasilitasi pengembangan pengetahuan SDM, dan pelaksanaan sebagian aktivitas riset yang dikerjasamakan dengan Universitas Okmin Papua,” kata Kepala BRIN.

Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana berharap adanya kerja sama ini, mampu menjadi pintu pembuka aktivitas riset dan inovasi sehingga mendukung peningkatan kapasitas daerahnya. Sebagai salah satu wilayah di ujung Papua, Kabupaten Pegunungan Bintang sangat kaya akan anugerah alam dan manusia, di mana dapat menjadi potensi keunggulan bangsa di masa depan.

“Dengan keuntungan sumber daya alam yang melimpah, kalau tidak dibangun manusianya itu seperti tidak menghargai anugerah. Kami ingin masyarakat menjadi lebih terampil, cerdas, dan terdidik. Melalui BRIN, saya berharap dengan adanya dukungan riset inovasi dapat meningkatkan nilai tambah untuk kepentingan ekonomi, sosial Kami,” harap Bupati Spei Yan Bidana.

Penandatanganan surat pernyataan kerja sama ini ditandatangani oleh Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Mego Pinandito sebagai perwakilan BRIN, bersama Bupati Spei Yan Bidana dan Rektor Universitas Okmin Papua Suryasatriya Trihandaru, serta disaksikan oleh Kepala BRIN. Nantinya melalui surat pernyataan kerja sama ini akan disusun skema program kolaborasi dalam nota kesepakatan dan kesepahaman kegiatan riset dan inovasi bersama. (ap,aa)

Sebarkan