Yogyakarta – Pada Sabtu (31/10), Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengunjungi Baron Technopark yang berada di wilayah Gunungkidul. Baron Technopark merupakan wisata edukasi yang tepatnya berada di kawasan pantai Baron dan menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Gunungkidul.

Kawasan Baron Technopark dijadikan sebagai model pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan sarana wisata edukasi lantaran potensi sumber daya dan daya tarik yang dimilikinya. EBT menjadi potensi sumber daya yang dimiliki oleh Pantai Baron, diantaranya biomasa, matahari, angin, serta tentunya gelombang laut. Baron Technopark ini juga dirancang sebagai pelatihan dan diseminasi teknologi pemanfaatan EBT yang bersifat dinamis, serta sebagai pusat R&D.

Terdapat jam matahari yang berada di atas bukit kawasan pantai Baron dan menjadi salah satu daya tarik dari Baron Technopark bagi wisatawan. Jam matahari ini menjadi pembelajaran menarik bagi wisatawan baik umum maupun pelajar.

Masih di Yogyakarta, Handoko mengakhiri kunjungan kerjanya ke Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) Kawasan OR Tenaga Nuklir yang berada di Babarsari, Sleman, Yogyakarta. Dalam kunjungannya ke PSTA, Handoko meninjau fasilitas-fasilitas riset tenaga nuklir yang terdapat di kawan tersebut.

Pusat Sains dan Teknologi Akselerator memiliki fungsi sebagai pelaksana penelitian dan pengembangan di bidang fisika partikel dan teknologi proses. PSTA juga menjadi pelaksana pengamanan nuklir, jaminan mutu, pemantauan keselamatan kerja, serta pengelolaan reaktor riset.

Laboratorium Instrumentasi Nuklir dan Laboratorium Iradiator Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) di kawasan PSTA menjadi lokasi pertama yang di kunjungi Handoko. Melanjutkan peninjauannya, Handoko mengunjungi beberapa laboratorium yang juga berada di kawasan PSTA, diantaranya Laboratorium NDT (Non Destructive Test), Laboratorium Akselerator, Laboratorium Siklotron Decy-13, serta Reaktor Kartini Yogyakarta.

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Handoko turut didampingi oleh Plt. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Prakoso Bhairawa Putera; Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan, Driszal Fryantoni; Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi, Yan Rianto; dan Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Edy Giri Rachman Putra. (frd)

Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan
Badan Riset dan Inovasi Nasional