Jakarta, Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset (OR) Penerbangan dan Antariksa memperkuat jejaring kerjasamanya degan Indian Space Research Organization (ISRO). Hal ini ditandai dengan finalisasi terhadap tiga naskah kerja sama internasional tentang keantariksaan dengan ISRO di Bogor, Selasa (21/12).

 Plt. Kepala ORPA, Erna Sri Adinigsih mengatakan, finalisasi kerja sama kedua belah pihak ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan peluncuran satelit di tahun depan.  “Finalisasi pada tiga implementation agreements dengan ISRO penting dilakukan agar tahun depan satelit A4 dapat diluncurkan sesuai rencana dimana sebelumnya satelit A1, A2, dan A3 telah lebih dulu diluncurkan,” tutur Erna Sri Adiningsih.

Sehingga, atas dasar kesepakatan dengan ISRO, dikatakan Erna, dapat ditetapkan minimal akan ada dua satelit yang diluncurkan dalam waktu lima tahun untuk itu technical agreement harus segera disepakati antara kedua belah pihak. Hal ini dilakukan agar kerja sama antara BRIN dan ISRO dapat dilakukan lebih komprehensif dengan implementasi yang lebih berkualitas dalam konteks keantariksaan antara Pemerintah Indonesia dan India.

”Kerja sama dengan ISRO sudah berjalan selama 20 tahun dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) yang kemudian diintegrasi menjadi BRIN pada September 2021,” lanjutnya.

Director of ISRO Telemetry, Tracking and Command Network (ISTRAC), India, Srinivasan  mengatakan, tujuan dari kerja sama ini adalah untuk menjembatani pengembangan keantariksaan India dan Indonesia. “India ingin mengoptimalkan pemanfaatan stasiun Biak untuk mengeksplorasi keantariksaan, kami terbuka untuk mendiskusikan berbagai hal agar nantinya kolaborasi ini berdampak positif bagi kedua belah negara,” terangnya.

Kerja sama antara Indonesia dan India juga menyepakati program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pelatihan yang diberikan oleh kedua belah pihak. Harapan dari kedua belah pihak, kerja sama ini dapat menjawab kebutuhan kedua negara terkait kolaborasi yang produktif pada bidang keantariksaan. (lyr/ ed: mtr)

Sebarkan