Jakarta – Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa dilibatkan dalam rencana pengembangan Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara. Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (OR PA) BRIN, Robertus Heru Triharjanto, mengatakan, BRIN bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial menyediakan citra satelit untuk pemetaan tematik tutupan lahan dalam rencana pengembangan IKN.

“Apabila nanti ada proses pembangunan, IKN ini kan terjadi perubahan penggunaan lahan. Nanti akan kita pantau lagi dengan citra satelit. Kami akan menyediakan data tersebut, misalnya sudah terbangun jalan sekian, ini sudah berubah jadi lahan terbuka, dan lain-lain,” jelasnya saat wawancara dengan CNBC, secara daring, Jumat (11/03).

Namun menurutnya, daerah IKN hampir sepanjang tahun tertutup awan, sehingga perlu strategi penggunaan teknologi yang lebih maju seperti satelit radar dalam pemetaan IKN.

“Jadi kalau kita mau foto dengan kamera optik dari satelit itu seringkali terhalangi awan. Strategi lain mungkin kami akan menggunakan teknologi yang lebih maju untuk mapping disana, seperti satelit radar. Kalau satelit radar ini bisa menembus awan,” terang Heru (tnt)

Sebarkan