Bogor – Humas BRIN, Sebanyak 800 spesimen dari 82 jenis tumbuhan langka dan hampir punah diserahkan kepada masyarakat di Kabupaten Bogor pada program BRIN Peduli Lingkungan. Tumbuhan tersebut mayoritas hasil perbanyakan tanaman di Kebun Raya Bogor dari hasil eksplorasi penelitian ke seluruh pelosok di Indonesia, serta sebagian hasil kegiatan kerjasama dengan PT Astra Internasional Tbk. Senin (20/12)

Kepala Kantor Kebun Raya Cibinong BRIN  Arief Hidayat mengatakan bahwa BRIN Peduli Lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati flora dengan melibatkan masyarakat lokal dalam merawat dan melestarikan flora yang langka dan hampir punah.

“Kegiatan ini bentuk kepedulian BRIN, dimana hasil-hasil aktivitas penelitian di kebun raya kami hilirisasikan ke masyarakat, pelibatan masyarakat ini sangat penting guna menumbuhkan jiwa konservasi untuk selalu menjaga dan merawat flora, sehingga bahasa yang kami sampaikan adalah menitipkan, bukan memberikan” ujarnya

Arief menambahkan pemilihan lokasi ditentukan berdasarkan aktivitas masyarakat yang benar-benar peduli terhadap lingkungan, sehingga hanya lokasi yang memiliki prestasi tinggi dalam program Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang benar-benar dipilih.

Sementara itu Sekretaris Camat Bojong Gede Kabupaten Bogor Dita Aprillia mengatakan KRL merupakan program Pemerintah Kabupaten Bogor yang memiliki empat kegiatan yaitu pengelolaan sampah, pengelolaan sanitasi, konservasi dan penataan lingkungan serta peningkatan ekonomi dan kreasi.

“Kami sampaikan terima kasih kepada pihak BRIN yang telah membawa programnya ke wilayah kami, dengan adanya program BRIN Peduli Lingkungan ini diharapkan dalam meningkatkan prestasi di wilayah Bojong Gede” ujarnya.

Terdapat lima titik lokasi dari tiga desa di Kabupaten Bogor yang dilipih yaitu tiga titik di Desa Ragajaya, satu titik di Desa Bojongbaru serta satu titik di Desa Rawa Panjang. (ADD/KPUK)

Sebarkan