Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan penelitian terhadap pengaruh cahaya buatan terhadap kondisi tumbuhan di Kebun Raya Bogor. Proses penelitian dilakukan pada malam hari selama dua jam dalam satu periode, pada Rabu (2/2).

Peneliti Fisika BRIN Isnaeni mengatakan penelitian ini menggunakan dua alat yaitu Photosynthetically Active Radiation (PAR) dan Lux Meter. PAR digunakan untuk melihat pengaruh terpaan cahaya buatan terhadap kondisi tanaman terutama pada proses fotosintesis. Sedangkan Lux Meter digunakan untuk mengukur intensitas cahaya dari lampu-lampu yang dipasang di area tersebut.

“Proses penelitian yang dilakukan pada malam ini untuk melihat laju air di dalam tumbuhan. Selain itu, juga melihat pengaruh terpaan cahaya pada proses fotosintesis di tumbuhan” ujarnya.

Kegiatan dilakukan di dua lokasi yaitu di Taman Mexico dan Taman Astrid. Di Taman Mexico proses penelitian terkait terpaan cahaya dilakukan terhadap tumbuhan kaktus dan sekulen lainnya. Sementara di Taman Astrid dilakukan terhadap pohon-pohon besar.

Peneliti Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Frisca Damayanti mengatakan keberadaan sinar lampu diduga menyebabkan tumbuhan melakukan proses fotosintesis. Padahal, menurutnya, umumnya saat malam hari tumbuhan melakukan proses recovery atau istirahat. “Oleh karena itu dilakukan pengukuran laju penggunaan air pada tumbuhan dengan alat Psychrometer dan Sap flowmeter. Pengukuran ini dapat menjadi salah satu indikasi adanya proses fotosintesis,” terangnya.

“Intensitas cahaya pada panjang gelombang 400-700 nanometer berpengaruh pada proses fotosintesis, nah sinar lampu buatan ini mengandung cahaya pada rentang tersebut sehingga diperlukan pengujian PAR, jadi kita ingin melihat hal tersebut,” ujarnya.

Kepala Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya BRIN Sukma Surya Kusumah mengatakan ada tiga riset yang dilakukan untuk melihat perubahan karakteristik tumbuhan. Pertama, mengenai topik Permodelan Spasial Dampak Cahaya Malam Buatan terhadap Kesehatan Tumbuhan Menggunakan Unmanned Aerial Vehicle dan Pembelajaran Mesin (Studi Kasus Kebun Raya Bogor).

Ke dua, mengenai Analisis Pengaruh Cahaya Malam Buatan / Artificial Light at Night (ALAN) pada Fungsi-fungsi Ekofisiologi Beberapa Jenis Tumbuhan Tropis Kebun Raya Bogor. Ketiga, ingin mengetahui spektrum (panjang gelombang) ALAN yang memiliki pengaruh minimal terhadap fungsi-fungsi ekofisiologi tumbuhan tropis dan ingin mengetahui intensitas radiasi ALAN yang memiliki pengaruh minimal terhadap fungsi-fungsi ekofisiologi tumbuhan tropis. (add)

Sebarkan