SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor : 148/SP/HM/BKPUK/X/2021

Pusat Riset Sains Antariksa (Pussainsa) dalam Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memiliki tanggung jawab untuk terus mengembangkan sains antariksa di Indonesia. Salah satunya dengan turut serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya sains dan teknologi keantariksaan melalui kegiatan Festival Sains Antariksa (FSA) 2021.

FSA merupakan kegiatan tahunan Pussainsa yang diselenggarakan dalam rangka memperingati World Space Week. Menyesuaikan tema global “Women in Space”, FSA 2021 mengusung tema “Peran Perempuan dalam Sains dan Teknologi Keantariksaan Indonesia”. Melalui FSA 2021, kita akan mengenal sosok perempuan dalam kontribusinya di bidang sains antariksa, juga dalam kehidupan sehari-hari, hal ini juga mendorong kaum perempuan untuk terus berkarya tanpa memandang perbedaan gender.

Rangkaian FSA di antaranya berupa Lomba Poster untuk tingkat SD dan SMP, Lomba Esai tingkat SMA/sederajat, Lomba Astrofotografi bagi kalangan umum, dan acara puncak Talkshow Keantariksaan Peran Perempuan dalam Sains dan Teknologi Keantariksaan Indonesia yang akan diadakan pada 09 Oktober 2021 pukul 08.30 WIB. Peserta yang ingin bergabung, dapat mendaftar melalui bit.ly/reg-talkshow-fsa2021 untuk mendapat tautan webinarnya.

Akan hadir dalam talkshow tersebut berbagai sebagai pembicara mulai dari pemangku kebijakan pendidikan dan edukasi, pemerhati, serta ilmuwan dan praktisi di bidang astronomi keantariksaan di antaranya:

  1. Premana Wardayanti Premadi, Ph.D (Kepala Observatorium Bosscha, Dosen ITB)
  2. Dr. Rika Andiarti (Ahli Roket Indonesia LAPAN BRIN)
  3. Prof. Dr. Pratiwi Pudjilestari Sudarmono, Ph.D, Sp.MK(K) (Astronot Indonesia, Fakultas Kedokteran UI)
  4. Dr. Fenny Martha Dwivany (Anggota Tim Space Seed for Asian Future, Ketua KK Genetika dan Bioteknologi Molekuler, SITH ITB)
  5. Avivah Yamanni (Komunikator Astronomi).

Akan hadir juga secara khusus dari NASA, Dr. Camille Wardrop Alleyne (NASA Deputy Manager For Commercial LEO Development Program) dan STEM Education Advicate ( Founder of Brightest Stars Foundation) yang akan berbagi mengenai edukasi keantariksaan di Amerika Serikat.

Kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) BRIN Prof. Dr. Ir. Erna Sri Adiningsih, M.Si. Diharapkan melalui berbagai kegiatan Festival Sains Antariksa tahun 2021 ini dapat meningkatkan antusiasme generasi muda untuk mengenal lebih dekat dengan sains keantariksaan.

Tentang FSA

FSA merupakan kegiatan tahunan Pussainsa yang diselenggarakan dalam rangka memperingati World Space Week. Dalam hal ini Pussainsa turut berperan serta dengan mensosialisasikan hasil litbang keantariksaan kepada masyarakat dan kalangan pendidikan sehingga yang diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang alam semesta.

Tujuan kegiatan FSA 2021: 1) Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai sains antariksa, 2) Memberikan edukasi khususnya pada kaum perempuan untuk terus berkarya dalam bidang masing–masing terlebih bidang sains antariksa, dan 3) Memperingati kegiatan World Space Week sebagai bagian acara global.

Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Sucipto, Pranata Humas Pussainsa (081228881032)
Ir. Jasyanto, M. M, Pranata Humas Ahli Madya (08111735071)