SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor : 174/SP/HM/BPUK/X/2021

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Oseanografi, meluncurkan aplikasi berbasis ponsel pintar, MonMang generasi kedua, atau MonMang v2.0 pada 29 Oktober 2021. Ini adalah aplikasi digital pendukung penelitian, monitoring sekaligus edukasi publik karya anak negeri yang belum pernah ada sebelumnya,dan yang pertama di dunia. Pada fitur v1.0 ,Oktober 2020 lalu MonMang memfasilitasi beberapa informasi dasar seperti parameter dalam struktur komunitas mangrove untuk pemantauan hutan, nilai tutupan tajuk yang kuat berdasarkan metode fotografi hemispherical, indeks kesehatan mangrove (MHI) dan kuantifikasi ancaman. Untuk mengetahui penjelasan teknologinya, dapat disaksikan pada acara “Pembukaan Mangrove Monitoring International Training”, Jumat (29/10), pukul 13.30-15.00 WIB disiarkan live streaming : https://youtu.be/EzEgw-BtjnI dan Konferensi Pers secara daring pada tautan zoom, pukul 14.30 WIB: https://zoom.us/j/94834503065?pwd=VjdMNFVUVkR3ZG1OOFVSTU5kbzhFUT09 (Meeting id:948 3450 3065 Passcode:831998)

Jakarta, 28 Oktober 2021 – Sejak 2019, Pusat Riset Oseanografi (PRO) melalui program Coral Reef Rehabilitation Management Program – Coral Triangle Initiative (Coremap- CTI) telah menyelesaikan beberapa kegiatan ilmiah seperti pertemuan para ahli, survei lapangan dan konferensi ilmiah internasional untuk mempromosikan urgensi dari pengembangan Indeks Kesehatan Mangrove (MHI) untuk pengelolaan mangrove di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki kawasan mangrove terluas di dunia sebesar 22,6% secara global dan kaya akan keanekaragaman hayati. Sehingga, ini memberikan banyak fungsi penting bagi kesehatan atmosfer. Namun, luas mangrove telah berkurang selama beberapa dekade karena meningkatnya pembangunan wilayah pesisir.

“Sebagai negara dengan mangrove terluas di dunia, formula MHI yang dikembangkan dari mangrove Indonesia dapat didorong menjadi standar internasional. Pada Oktober 2020, awal lahirnya aplikasi MonMang v1.0 BRIN (waktu itu masih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia-LIPI) menyelenggarakan Pelatihan Monitoring Mangrove Nasional dan International Training Course on Mangrove Health Index (MHI),” terang Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Kebumian BRIN, Ocky Karna Radjasa.

Menurut Ocky, setelah melihat manfaat versi pertamanya, tim PRO-BRIN selanjutnya mengembangkan MonMang ke versi yang lebih baik, maka lahirlah MonMang Ver.2.0. Pada versi ini, aplikasi sudah bisa di-instal di perangkat dengan sistem operasi IOS dan aplikasinya bisa diunduh di AppStore.

Kepala Pusat Riset Oseanografi BRIN, Udhi Eko Hernawan, menjelaskan selain untuk fungsi riset dan monitoring, Versi 2.0 juga sudah dipasangkan Automated Mangrove Species Identification (AMSI), sebuah fitur yang memanfaatkan analisis Artificial Intelligence untuk proses identifikasi jenis mangrove. Pengguna cukup memfoto bagian mangrove dengan kamera pada fitur AMSI, maka informasi umum terkait jenis mangrove tersebut langsung tampil di layar ponsel. “Jadi, tidak perlu menjadi ahli mangrove untuk mengetahui jenis mangrove,” kata Udhi.

Peneliti Pusat Riset Oseanografi BRIN, I Wayan Eka Darmawan, menerangkan fungsi lain pada fitur ini dapat memberikan pengalaman baru bagi pengguna MonMang untuk mengetahui sebaran spatial dan temporal dari beberapa nilai analisis yang disajikan seperti: MHI, Karbon Stok, dan indeks vegetasi fungsional. Kemudian, ada juga fitur Learning Centre. “Fitur untuk pemula, non-expert personel, citizen scientist, journalist, anak sekolah, mahasiswa dan masyarakat umum yang berisikan materi edukasi pengenalan hutan mangrove,” tutup Wayan Eka.

Sebagai informasi, pada waktu yang sama setelah peluncuran MonMang v2.0 akan dilanjutkan kegiatan pelatihan Mangrove Monitoring International Training “Regional Training and Research Center on Marine Biodiversity and Ecosystem Health” (RTRC-MarBEST), pada Jumat (29/10/2021) hingga Sabtu (6/11/2021). Kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar 40-an ilmuwan muda dari berbagai negara, yang dilakukan secara daring melalui Learning Management System (LMS).

Keterangan lebih lanjut:
I Wayan Eka Darmawan( Peneliti PRO- BRIN, HP:081299267181 )
Dyah Rachmawati Sugiyanto ( Humas BRIN, HP:081316492142 )

Undangan: Siaran pers ini sekaligus undangan kepada rekan media untuk meliput acara “Pembukaan Mangrove Monitoring International Training”, Jumat (29/10), pukul 13.30-15.00 WIB disiarkan live streaming : https://youtu.be/EzEgw-BtjnI dan Konferensi Pers secara daring pada tautan zoom, pukul 14.30 WIB: https://zoom.us/j/94834503065?pwd=VjdMNFVUVkR3ZG1OOFVSTU5kbzhFUT09 (Meeting id:948 3450 3065 Passcode:831998)

Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan
Badan Riset dan Inovasi Nasional