SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor : 124/SP/HM/BKPUK/IX/2021

Jakarta – Diplomasi keantariksaan menjadi salah satu pilar Space2030 Agenda yang telah disetujui negara-negara pada sidang United Nations Committee on the Peaceful Uses of Outer Space (UNCOPUOS) 2021. Dengan letak astronomis dan geografisnya, Indonesia menjadi negara yang potensial dan strategis dalam keantariksaan. Karakteristik tersebut menjadi modal bagi Indonesia dalam penguatan diplomasi keantariksaan sehingga dapat meningkatkan keberagaman akses pemanfaatan antariksa meskipun Indonesia masih tergolong negara antariksa yang sedang berkembang (Emerging Space Nations), terutama untuk pembangunan berkelanjutan guna meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia.

Untuk menggali masukan dan mendiseminasikan penelitian kebijakan, BRIN melalui OR Penerbangan dan Antariksa bekerjasama dengan Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI menggelar Seminar Nasional VI dengan tema “Diplomasi Keantariksaan sebagai Instrumen Mencapai Pembangunan Indonesia yang Berkelanjutan” yang akan diadakan secara daring melalui aplikasi teleconference dan kanal youtube @LAPAN RI dan @IR Fisip UI pada 15-16 September 2021. Peserta dapat mendaftar terlebih dahulu melalui bit.ly/peserta_sinaskpavi. Sedangkan bagi yang ingin menyaksikan, dapat bergabung melalui tautan zoom bit.ly/SINASKPAVI.

SINAS KKPA hari pertama akan dibuka dengan sesi pleno mulai pukul 09.00 WIB dengan keynote speaker yaitu Kepala Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri RI Dr. Siswo Pramono, Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko, Plt. Dir. Penguatan infrastruktur dan Kemitraan Riset Inovasi Teknologi Dr. Robertus H. Triharjanto, dan Executive Secretary of the Economic and Social Commission for Asia and the Pacific – UNESCAP Prof. Dr. Armida Alisjahbana. Yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari invited speakers dan peserta call papers sesuai topik melalui online. Sedangkan di pleno hari kedua akan diisi dengan keynote speaker yaitu Dr. Arie Soesilo (Dekan FISIP UI), Edy Prasetyono, Ph.D (Dosen Senior HI FISIP UI) dan Dr. M. Rokhis Komarudin (Peneliti Utama OR Penerbangan dan Antariksa BRIN).

Tentang SINAS KPA

Seminar Nasional Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (SINAS KPA) merupakan forum tahunan yang bertujuan menjaring masukan, membahas, serta mendiseminasikan wawasan ilmu pengetahuan, sudut pandang, dan informasi dalam kerangka pikir ilmiah yang relevan pada bidang kajian kebijakan penerbangan dan antariksa.

Forum ini sekaligus sarana untuk menjalin kemitraan antar lembaga dan mendorong kerja sama antar peneliti, praktisi, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat sehingga akan semakin meningkatkan kepedulian pada isu penerbangan dan antariksa untuk dapat menyokong kemajuan pembangunan Indonesia. Laman resmi SINAS KPA dapat di akses melalui tautan sinaskpa.lapan.go.id.

Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Ir. Jasyanto, M. M, Pranata Humas Ahli Madya (08111735071).
Sumber: https://www.lapan.go.id