Jakarta – Humas BRIN. Riset dan inovasi teknologi nuklir kedepan difokuskan pada tiga program, yaitu Sistem Pemantauan Radiasi untuk Keselamatan dan Keamanan (SPRKK), riset Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), dan teknologi radiasi nuklir dan berkas partikel. Ketiga fokus riset ini tertuang dalam Rumah Program (RP) BRIN melalui Organisasi Riset Tenaga Nuklir (OR TN) 2022-2024.

Kepala OR TN BRIN, Agus Sumaryanto mengatakan, pengembangan SPRKK betujuan untuk memantau adanya keluar masuk zat radioaktif atau barang yang terkontaminasi zat radioaktif. Melalui pengembangan teknologi ini, nantinya dapat dipantau tingkat radiasi di lokasi tertentu, baik di lingkungan ataupun di lokasi  yang memiliki nilai strategis terkait dengan keselamatan dan keamanan masyarakat. “Riset SPRKK kita lakukan untuk detektor radiasi, baik dalam bentuk handheld, portal, maupun untuk lingkungan,” jelas Agus, dalam Webinar Riset BRIN #2, secara daring, Selasa (14/12).

Sedangkan riset terkait PLTN akan dilakukan mulai dari front-end hingga back-end. “Bagaimana kita menyiapkan riset terkait bahan baku, eksplorasi, daur bahan bakar, pengelolaan limbah, keselamatan, hingga kebijakan sistem energi nasional,” lanjutnya.

Untuk teknologi radiasi nuklir dan berkas partikel, tutur Agus, adalah bagaimana BRIN dapat memanfaatkan teknologi iradiator, akselerator, dan teknologi berkas neutron.

BRIN juga saat ini tengah mempersiapkan revitalisasi infrastuktur riset ketenaganukliran sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan serta teknologi terkini. “Jadi, kedepan, kita akan membangun fasilitas nuklir secara terpusat di Puspiptek, Serpong, baik itu yang berbasis reaktor maupun akselerator. Harapannya, kita akan setara dengan negara-negara maju dalam 4 atau 5 tahun kedepan,” harapnya.

Webinar Riset BRIN #2 juga menghadirkan 2 narasumber lainnya, yaitu Plt. Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora, Ahmad Najib Burhani, dan Plt. Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati, Iman Hidayat. Webinar Riset merupakan rangkaian dari kegiatan webinar akhir tahun BRIN sebagai sarana dalam menyampaikan capaian serta rencana riset terdekat dengan pendekatan berbasis informasi publik, sehingga masyarakat umum dan eksternal BRIN dapat memahami eksistensi BRIN untuk jangka panjang (tnt).

Sebarkan