Jakarta – Humas BRIN, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk pertama kalinya melantik 10 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K). Kesepuluh pegawai ini merupakan periset yang menempati jabatan fungsional Peneliti Ahli Madya.

Para periset ini ditetapkan sebagai periset di BRIN dengan jangka waktu 5 tahun, terhitung hari ini (01/03) hingga 28 Februari 2027.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, mengatakan, momen ini akan menjadi sejarah, karena untuk pertama kalinya, BRIN mengangkat Aparatur Sipil Negara (ASN) jalur P3K sesuai peraturan yang berlaku.

“Pengangkatan P3K di BRIN ini memang sesuai dengan tujuan awal adanya ASN jalur P3K, yaitu untuk merekrut putra dan putri terbaik yang profesional di bidangnya. Ini akan menjadi sejarah tidak hanya di BRIN, tapi juga di Indonesia,” ungkap Handoko, saat memberikan arahan pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah P3K di lingkungan BRIN, secara hibrid, Selasa (01/03).

Menurut Handoko, pengangkatan P3K di lingkungan BRIN ini berbeda dengan pengangkatan P3K untuk guru dan tenaga kesehatan, yang selama ini dilakukan untuk mengakomodasi eks tenaga honorer Kategori 2 (K2).

Pengangkatan P3K di BRIN diharapkan bisa memberikan peluang berkarir sebagai periset bagi putra dan putri dengan kualifikasi S3 sesuai passion dan bidang kepakarannya.

Dirinya tidak menutup kemungkinan perjanjian kinerja yang semula 5 tahun dapat diperpanjang, jika periset P3K memiliki kinerja yang bagus. Namun, para periset juga diberikan kesempatan untuk berkarir di luar BRIN, seperti di perguruan tinggi.

“Karena mobilitas periset menjadi hal yang sangat penting, untuk menjamin dan menjaga dinamika aktivitas riset Indonesia yang mampu berkompetisi secara global,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berikut 10 nama periset jalur P3K, dengan jabatan fungsional Peneliti Ahli Madya yang baru dilantik:

  1. Affiani Machmudah
  2. Albertus Deny Heri Setyawan
  3. Aryo Danusiri
  4. Caecilia Hapsari Ceriapuri Sukowati
  5. Monica Dwi Hartanti
  6. Nurmalasari
  7. Ratna Surya Alwi
  8. Reza Yuridian
  9. Rita Andini
  10. Wilman Septina

(tnt).

Sebarkan