Serpong – Humas BRIN. Duta Besar Kosta Rika, Esteban Quiros Salazar, mengunjungi fasilitas milik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Selasa (31/05). Kunjungan kerja tersebut untuk melihat fasilitas riset pengembangan padi dan varietas tanaman lainnya, serta fasilitas iradiator.

Dirinya mengaku senang bisa mengunjungi fasilitas BRIN, dan berharap bisa menghasilkan kerja sama terutama dalam bidang pertanian kedepannya.

“Kehadiran kami di sini ingin mengeksplor potensi mengenai riset teknologi dan juga membangun hubungan antara otoritas Indonesia dengan Kosta Rika dalam hal riset dan pengembangan, atau peningkatan kualitas pangan, terutama padi,” harap Esteban.

“Kami mengetahui di BRIN melakukan riset mengenai pengembangan padi dan tanaman pangan lainnya. Maka dari itu, saya sangat mengapresiasi BRIN yang menerima permintaan kunjungan kami untuk dapat melihat fasilitas yang ada di sini,” tambahnya. 

Kepala Pusat Riset Teknologi Proses Radiasi (PRTPR) BRIN, Irawan Sugoro, memberikan penjelasan mengenai kegiatan riset di pusat yang dipimpinnya. “Saya mewakili Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir, Rohadi Awaludin, yang tidak dapat hadir, mengucapkan selamat datang di fasilitas riset kami yang berada di kawasan riset dan teknologi Pasar Jumat BRIN,” ucap Irawan.

Sebagai informasi, jelas Irawan, sebelumnya, Pusat Riset ini merupakan bagian dari BATAN. Namun setelah terintegrasi, PRTPR menjadi bagian dari BRIN. Walaupun demikian, pusat ini tetap menjalankan riset dan fungsi seperti biasanya.

“Kami memiliki beberapa kegiatan riset di sini, diantaranya adalah breeding mutasi tanaman untuk menghasilkan varietas baru. Beberapa diantaranya, menghasilkan varietas padi, kacang kedelai, sorgum, jagung dan tanaman lainnya,” jelas Irawan.

Selain itu, tambah Irawan, ada juga penelitian terhadap hewan, seperti penelitian vaksin teriradiasi, suplemen pakan hewan, termasuk kit RIA atau IRMA untuk reproduksi hewan.

Pada kesempatan ini, Duta Besar Kosta Rika berkunjung ke 3 lokasi yaitu fasilitas Iradiator, area kebun percobaan pertanian dan peternakan yang didampingi oleh Kepala PRTPR BRIN bersama para penelitinya (yrt, nf/ ed: tnt).

Sebarkan