Jakarta – Humas BRIN, Badan Riset dan Inovasi Nasional  (BRIN) dan  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menjalin kerja sama tentang pengembangan pengelolaan zakat dan ekosistem ekonomi syariah nasional berbasis riset dan inovasi. Kerja sama tersebut diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman, Selasa (31/05) di Jakarta.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Kepala  BRIN, Laksana Tri Handoko dan  Noor Achmad selaku Ketua BAZNAS Kerjasama kedua belah pihak tersebut meliputi pengembangan riset dan inovasi yang mendukung pengelolaan zakat, infak, sedekah dalam rangka penguatan ekosistem ekonomi syariah nasional; pengembangan riset dan inovasi teknologi tepat guna dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat dan peningkatan kesejahteraan mustahik; pengelolaan sosialisasi, edukasi, penghimpunan dan penyaluran zakat, infak, sedekah dan pembentukan Unit Pengelola Zakat (UPZ) di lingkungan BRIN.

Ketua Baznas  menyampaikan bahwa keberadaan BAZNAS mempunyai potensi besar untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat, dalam hal ini membutuhkan kajian yang mendalam terkait seberapa jauh bisa maksimalkan untuk mengentaskan kemiskinan. “BAZNAS memulai dengan ruang-ruang kecil seperti di daerah pedesaan memberi ruang manajemen yang baik dan terbukti sudah ada hasilnya, tuturnya.

Lebih lanjut, Achmad mengatakan, inisiasi zakat mikrofinance membantu masyarakat didesa untuk mengembangkan inovasi usaha, dan hal tersebut perlu hasil riset BRIN dan UMKM berbasis apa yang diperlukan sehingga ada kesesuaian.

Kepala BRIN dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak awal pendirian BRIN  berupaya membentuk UPZ dengan kegiatan bagaimana bisa memfasilitasi dengan menyalurkan zakat lebih baik dan sistematik. “Program KNEK (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan) Syariah menjadi bagian dari sisi riset sosial humaniora, model ekonomi syariah, riset industri halal. BRIN bertekad terus mendukung BAZNAS bagaimana mengelola model pengelolaan zakat, infaq supaya tepat sasaran dalam mendukung penguatan ekonomi pengelolaan syariah terkait riset,” pungkasnya.  (vrp/ ed: maa, drs)

Sebarkan