Jakarta – Humas BRIN. Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko berharap agar Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) ke depan mempunyai target meningkatkan kualitas, baik dari segi SDM maupun infrastruktur. Hal ini disampaikanya pada pembukaan Rapat Kerja (Raker) ORTN yang diselenggarakan secara hybrid di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Senin (6/12).

“Kita harus melihat diri kita dengan kritis, tujuannya bukan untuk menjatuhkan, tidak, tetapi kita bersama-sama berfikir kita mau kemana dan melakukan apa,” kata Handoko.

Dalam sambutannya, Handoko menyampaikan tiga poin penting rencana pengembangan ORTN, yaitu revitalisasi infrastuktur di Kawasan Nuklir Serpong dan Kawasan Nuklir Yogyakarta, Program Co. Development PLTN generasi baru (generasi IV & VII) dengan teknologi yang teruji (desain PLTN yang proven secara teknologi dan engginering), dan menyediakan kawasan riset untuk PLTN. Ia mendorong agar para peneliti lebih proaktif dan memperluas cakupan penelitian, termasuk upaya memperoleh pendanaan dari pihak luar.

“Saya perlu ide yang solid, bagaimana supaya kita bisa dapat anggaran, maka perlu ide yang solid dan proven,” tambahnya

Plt. Kepala ORTN, Agus Sumaryanto menyatakan keyakinannya bahwa nuklir nantinya akan semakin dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat. “Dengan bergabungnya, dan integrasi BATAN dengan BRIN, kami sangat yakin bahwa nuklir akan semakin maju dan semakin bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Agus.

Agus menjelaskan bahwa Raker ORTN yang mengusung tema “Sinergi, Kolaborasi dan Inovasi Iptek Nuklir untuk Indonesia Maju” ini akan dilanjutkan dengan internalisasi Program dan Kegiatan ORTN pada Selasa (7/12) secara hybrid di Kawasan Nuklir Serpong. “Kegiatan ini sekaligus perayaan 63 tahun berdirinya BATAN yang jatuh pada tanggal 5 Desember kemarin,” lanjutnya.

Fokus Raker ORTN tahun 2021 ini menurut Agus, membahas hasil evaluasi kinerja tahun 2021 serta membahas pelaksanaan dan pengendalian anggaran Tahun 2022. Tahun 2022, terdapat 3 program kegiatan utama yang akan dilakukan ORTN yakni pengembangan teknologi iradiator, teknologi akselerator, dan teknologi berkas neutron. Pada akhir kegiatan raker diisi dengan penandatangan komitmen bersama para peserta Raker dalam melaksanakan Kebijakan Sistem Manajemen Iptek Nuklir serta penyerahan penghargaan Top 99 Layanan Publik dari Kemenpan RB. (yrt /ed:pur)

Sebarkan