SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
NO:  009/SP/HM/BKPUK/I/2022


Kali pertama, Kepala  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melantik pejabat struktural definitif. Tujuh pejabat pimpinan tinggi pratama dilantik bersama dengan tujuh pejabat fungsional. Momen ini menunjukkan BRIN serius melaksanakan amanat Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam Perpres 78 tahun 2021.

Jakarta, 20 Januari 2022 – Kepala BRIN Laksana Tri Handoko melantik tujuh pejabat pimpinan tinggi pratama dan tujuh pejabat fungsional di Auditorium Soemitro Djojohadikoesoemo Gedung BJ Habibie, Kamis (20/1). Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan tersebut disaksikan oleh para pejabat di lingkungan BRIN, dan juga tamu undangan yang hadir, baik secara daring maupun luring.

Handoko menyebutkan, moment pelantikan tujuh orang dengan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama ini sebagai salah satu hari yang bersejarah bagi BRIN. Hal ini karena BRIN sebagai lembaga yang baru terbentuk, masih diisi oleh pelaksana tugas. “Hari ini salah satu hari yang bersejarah untuk BRIN, karena ini pelantikan JPT yang pertama kali di lingkungan BRIN. Saya ucapkan selamat kepada tujuh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang menyusul saya sebagai pejabat definitif di lingkungan BRIN,” ucap Kepala BRIN.

Ketujuh pejabat pimpinan tinggi pertama tersebut merupakan hasil dari seleksi terbuka yang dilakukan oleh tim panitia seleksi. Handoko pun menyampaikan apresiasi kepada Sekretaris Utama dan juga Tim Pansel, yang sudah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Meskipun dari 10 posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dibuka melalui seleksi terbuka, baru ada 7 yang sudah terisi. Sementara 3 posisi jabatan tinggi pratama masih kosong, yaitu untuk jabatan Inspektur III, Sekretaris Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi, dan Sekretaris Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi.

“Saya pastikan saya tidak terlibat dari pertama sampai akhir. Meski, saya melakukan proses wawancara dan pendalaman secara personal kepada 21 kandidat yang ditetapkan panitia seleksi. Saya yakin semua kandidat putra-putri terbaik tidak hanya di BRIN tapi juga negara kita. Maka dari itu bagi yang belum terpilih saya mendorong untuk ikut lagi, karena BRIN akan membuka 10 posisi lagi. Saya harap proses ini bisa berjalan cepat sehingga pada semester tahun ini bisa selesai untuk seluruh posisi jabatan di lingkungan BRIN yaitu 9 eselon 1, 49 eselon 2, 12 Kepala OR dan 85 Kepala PR,” ucap Handoko menambahkan.

Pria kelahiran Malang 7 Mei 1968 tersebut, mengajak tujuh pejabat untuk bisa mulai bekerja dan menyesuaikan diri di tempat masing-masing. Hal ini karena tidak semua menempati posisi ini sebelumnya, bahkan sebagian besar baru pertama kali. Sehingga mereka harus bisa cepat beradaptasi dan mempelajari tugas-tugasnya yang baru.

“Ini tidaklah ringan, karena BRIN sebagai lembaga baru yang mendapatkan amanah dan diharapkan masyarakat saat ini sedang mendapat sorotan. Tentu tidak berat juga, saya yakin bapak/ibu bisa menyelesaikan amanah dengan baik, jangan khawatir saya akan mendampingi bapak/ibu, dan siap untuk diajak diskusi,” beber Handoko.

Sebagai informasi, berikut adalah daftar nama pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik :
1) Arief Hadianto, Inspektur I
2) Kriswanto, Inspektur II
3) Wiwiek Joelijani, Sekretaris Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah
4) Nining Setyowati Dwi Andayani, Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
5) Lindawati Wardani, Sekretaris Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi
6) Rudi Arifiyanto, Sekretaris Deputi Bidang Kebijakan dan Pembangunan
7) Yudho Baskoro, Sekretaris Deputi Bidang Kebijakan Riset dan Inovasi

Daftar nama pejabat fungsional:
1) Ahsanul Khalikin, Peneliti Ahli Madya
2) Muhammad Al Mujabuddawat, Peneliti Ahli Muda
3) Evisopandi, Peneliti Ahli Muda
4) Ita Margaretha Nainggolan, Peneliti Ahli Madya
5) Frandus, Peneliti Ahli Madya
6) Dwi Mauliyati, Analis Sumber Daya Manusia
7) Adam Fuadi, Auditor Ahli Madya

Di akhir sambutannya, Handoko juga menyampaikan selamat kepada tujuh pejabat fungsional yang juga dilantik dalam waktu yang bersamaan. Pelantikan pejabat fungsional merupakan komitmen BRIN dalam mendukung karier baik bagi SDM Riset maupun SDM Manajemen Riset. “Selamat kepada seluruh civitas semoga bisa langsung bekerja dan memberi kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara,” ucapnya.

Sebarkan