SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor : 122/SP/HM/BKPUK/IX/2021

Jakarta – Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko memimpin apel pagi yang diikuti oleh para pejabat dan pegawai di lingkungan BRIN. Hadir dalam apel virtual melalui konferensi video sekitar 3800-an peserta dan 5000-an peserta lainnya live streaming melalui kanal YouTube BRIN pada Senin (13/09). Dalam amanatnya Handoko menyampaikan bahwa BRIN telah menetapkan sebanyak 15 orang pejabat untuk menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

“BRIN telah melakukan penugasan kepada kuasa pengguna anggaran di lingkungan BRIN sebanyak 15 orang. Ke-15 orang ini akan menjadi KPA dari 59 Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang tersebar di 5 Bagian Anggaran (BA), yaitu BA 042 (Kemenristek/BRIN), BA 079 (LIPI), BA 080 (BATAN), BA 081 (BPPT), serta BA 082 (LAPAN). Pembagian DIPA yang dilakukan oleh BRIN berdasarkan pada tugas dan fungsi sesuai nomenklatur baru dari setiap struktural maupun Organisasi Riset (OR) yang ada,” jelas Handoko.

Selain mengumumkan para pejabat KPA, Handoko juga mengumumkan pejabat-pejabat yang menempati posisi sebagai koordinator dan subkoordinator dalam setiap unit kerja yang berada di lingkungan Sekretariat Utama BRIN serta para pejabat yang menempati posisi sebagai kepala kantor yang berada dibawah koordinasi BRIN, yaitu:

  1. Indra Riswadinata, Kepala Kantor Pengembangan Kompetensi SDM IPTEK Karang Sambung;
  2. I Made Ardaka, Kepala Kantor Kebun Raya Bedugul Bali;
  3. Fitri Kurniawati, Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas;
  4. Sugeng Budiharta, Kepala Kantor Kebun Raya Purwodadi; dan
  5. Hanif Fakhruroza, Kepala Kantor Balai Pengembangan Instrumentasi.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi BRIN Hendro Subagyo menyampaikan bahwa dalam waktu dekat BRIN juga akan melakukan pemetaan dan penataan SDM. Pemetaan dan penataan SDM BRIN akan dilakukan melalui Sistem Informasi Pemetaan SDM BRIN. Nantinya, sistem informasi pemetaan SDM BRIN akan menyerap preferensi sivitas BRIN terkait karir dan tugas yang diinginkan.

“Dalam waktu dekat BRIN akan melaksanakan pemetaan dan penataan SDM BRIN. Sistem Informasi Pemetaan SDM BRIN ini merupakan bagian dari Sistem Intra BRIN yang sedang dalam proses persiapan. Sistem Intra BRIN ini pada prinsipnya untuk memudahkan proses bisnis terutama administrasi di BRIN baik itu persuratan, kehadiran, maupun kinerja. Yang terpenting dalam 1-2 pekan ini Sistem Informasi Pemetaan SDM akan kita gunakan untuk melihat preferensi karir atau tugas yang kita inginkan di BRIN,” ujar Hendro.

Sistem Informasi Pemetaan SDM BRIN nantinya dapat diakses melalui Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) masing-masing. Setiap pegawai yang telah berhasil masuk dalam sistem informasi pemetaan SDM BRIN selanjutnya akan diminta untuk memilih preferensi unit atau fungsi yang diinginkan melalui form penugasan. Sistem Informasi Pemetaan SDM BRIN memberikan maksimal 3 pilihan penugasan yang dapat diatur dengan skala prioritas.

Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan
Badan Riset dan Inovasi Nasional