Jakarta – Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko beserta seluruh unit kerja di lingkungan BRIN melakukan Penelaahan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) Pagu Alokasi Anggaran TA 2022. Kegiatan yang diinisiasi oleh Biro Perencanaan dan Keuangan BRIN ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Oktober 2021 bertempat di Gran Melia Jakarta.

Handoko melakukan telaah langsung terhadap RKA-K/L pagu alokasi Anggaran TA 2022 yang dipaparkan oleh masing-masing perwakilan unit kerja di lingkungan BRIN. Penelaahan pagu alokasi anggaran tersebut dalam rangka penyusunan RKA BRIN TA 2022. RKA-K/L perlu dilakukan penelaahan sebagai upaya untuk melihat kesesuaian RKA-K/L dengan kebijakan efesiensi dan efektivitas belanja Kementerian/Lembaga.

“Alokasi anggaran yang dimiliki BRIN untuk TA 2022 harus diprioritaskan untuk kepentingaan riset. Kita juga harus melakukan perubahan fokus anggaran ke belanja modal yang sifatnya jangka panjang seperti infrastruktur riset. Pada akhirnya upaya kita dalam mengintegrasikan berbagai litbang kementerian/lembaga dapat benar-benar menciptakan ekosistem riset dan inovasi dalam negeri yang lebih baik,” ujar Handoko.

BRIN pada tahun 2022 mendatang memiliki pagu alokasi anggaran sebesar Rp10,5 triliun, nilai tersebut berasal dari pagu anggaran 4 ex-Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) yang berada di bawah koordinasi Ristek/BRIN sebelumnya serta realokasi anggaran program penelitian dan pengembangan (litbang) kementerian/lembaga TA 2022 yang diintegrasikan ke dalam BRIN.

Plt. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Prakoso Bhairawa Putera yang juga hadir dalam kegiatan penelaahan RKA-K/L pagu alokasi Anggaran TA 2022 ini berharap dengan dilakukannya reviu terhadap Rencana Anggaran Biaya (RAB) dari setiap unit kerja di lingkungan BRIN dapat menciptakan proses bisnis yang terukur, akurat, dan efektif.

“Kami berharap apa yang kita bahas selama dua hari ini bisa menjadi perubahan yang baik untuk BRIN ke depan serta dapat menjadi tonggak sejarah bagi kita semua. Semangat dan harapan dari proses penelaahan RKA-K/L pagu alokasi anggaran TA 2022 ini adalah semata-mata untuk penataan organisasi dan proses bisnis Badan Riset dan Inovasi Nasional yang lebih baik,” pungkas Prakoso. (frd)

Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Website: www.brin.go.id
Facebook: BRIN Indonesia
Instagram: @brin_indonesia
Twitter: @brin_indonesia