SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor : 108/SP/HM/BKKP/VIII/2021

Jakarta – Penganugerahan Ilmu Pengetahuan LIPI Sarwono Award XIX dan LIPI Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XXI kembali digelar secara daring pada Senin, (23/08). Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo merupakan salah satu ilmuwan terkemuka yang berperan besar dalam pembangunan kelembagaan ilmu pengetahuan di Indonesia, semangat, kegigihan, dan dedikasi beliau perlu dijadikan teladan dalam usaha bersama memajukan Indonesia.

“Semangat Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo sebagai pendiri LIPI pada 54 tahun yang lalu, perlu kita lestarikan dan dijadikan sebagai inspirasi dalam kita bekerja, khususnya dalam hal ini bagi para periset. Rasa bangga dan syukur kita sampaikan kepada Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo yang telah meletakkan fondasi pembangunan ekosistem ilmu pengetahuan di Indonesia,” ungkap Kepala BRIN dalam sambutannya.

Kepala BRIN menjelaskan LIPI Sarwono Award adalah semacam lifetime achievement award yang diberikan kepada para ilmuwan, pakar, atau praktisi yang telah memberikan sumbangsih nyata dan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan dari berbagai bidang. Handoko juga menyebut penghargaan ini menjadi momentum untuk kembali melestarikan dan menghidupkan semangat pofesionalisme.

“Semangat sebagai profesional, sama halnya juga para penerima pada hari ini yang patut menjadi teladan bagi kita semua baik bagi para periset dan para menajemen pendukung riset. Seseorang yang profesional adalah yang fokus dan loyal pada profesinya, selalu fokus pada upaya untuk bekerja keras, berkontribusi maksimal sesuai bidangnya di manapun berada,” tutur Handoko.

Kepala BRIN Handoko berharap semoga apa yang disaksikan dan didengar pada hari ini menjadikan kita lebih mencintai, menghargai, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan serta aktivitas riset untuk menghasilkan invensi dan inovasi ke depannya.

Plh. Kepala LIPI Agus Haryono mengungkapkan penghargaan ini ditujukan untuk mengendepankan dan mendorong peran LIPI sebagai institusi riset dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“LIPI sebagai lembaga keilmuan sangat peduli pada prestasi ilmiah dan dedikasi anak bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Sehingga kami memandang perlu agar ilmuwan-ilmuwan yang berpengaruh secara nasional maupun internasional pantas dan layak dibanggakan serta dianugerahi penghargaan tertinggi dari lembaga ilmiah ini,” terang Agus Haryono.

LIPI Sarwono Award XIX dan LIPI Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XXI digelar memperingati HUT Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang ke-54. Pada tahun 2021 ini, LIPI Sarwono Award XIX diberikan kepada Endang Sukara dari bidang mikrobiologi dan Dwi Listyo Rahayu bidang oseanografi (taksonomi).

Selain itu pada LIPI Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XXI juga diberikan kehormatan kepada Arif Satria yang merupakan rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) periode 2017-2022 untuk memberikan kuliah ilmiah yang bertajuk “Kekayaan Hayati dan Inovasi Bioekonomi untuk Masa Depan Bangsa.”

Turut hadir dalam acara ini jajaran pejabat di lingkungan LIPI, jajaran pejabat BRIN, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto, serta undangan dari stakeholder terkait lainnya.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Badan Riset dan Inovasi Nasional
dan
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)