Cipanas – Humas BRIN, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko meninjau Kebun Percobaan Dataran Tinggi, Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi, dan Fasilitas Diklat di Pusdiklat BRIN yang berlokasi di Desa Palasari, Cipanas Cianjur, Jumat (18/03). Kunjungan kerja tersebut dimaksudkan untuk melihat potensi Kebun Percobaan Dataran Tinggi BRIN sebagai tempat riset di bidang pertanian.

Selama ini kebun percobaan tersebut merupakan fasilitas penelitian yang dimiliki oleh eks Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang dapat dipergunakan oleh para peneliti baik internal maupun eksternal.

Dalam kunjungannya, Handoko menyampaikan bahwa lokasi tersebut sudah memiliki fasilitas yang mumpuni dalam menunjung kegiatan penelitian. “Ke depan, kebun percobaan ini akan dikembangkan lebih baik lagi sehingga fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kegiatan penelitian. Bahkan, ada wacana jika kegiatan riset pertanian akan dipusatkan di kebun percobaan ini,” ujarnya.

Menurut Koordinator Barang Milik Negara (BMN) eks BATAN – Biro Manajemen BMN dan Pengadaan, Ichsan Taqwim Budi Prakoso, Kebun Percobaan Dataran Tinggi ini memiliki luas lahan kurang lebih 2.500 meter persegi. Di dalamnya terdapat beberapa fasilitas penunjang penelitian seperti laboratorium kultur jaringan, green house, aula pertemuan, dan wisma. Terdapat enam wisma yang dapat digunakan peneliti untuk singgah saat kegiatan penelitian dilakukan.

Selain itu, Ichsan menyebutkan, tersedia lahan percobaan seluas 1.500 meter persegi yang digunakan untuk kegiatan penelitian pertanian. “Penelitian yang pernah dilakukan di lahan ini seperti penelitian komoditas sorgum, anggrek, kedelai, padi, dan lain sebagainya ujarnya.

Saat ini kebun percobaan tersebut dikelola oleh lima orang pegawai. Ichsan juga berharap setelah BATAN menjadi BRIN, fasilitas-fasilitas yang ada di kebun percobaan ini dapat termanfaatkan secara maksimal. “Setelah adanya pandemi COVID-19 kegiatan penelitian mengalami penurunan dan pemanfatan fasilitas pun menjadi kurang,” ungkap Ichsan.

Dalam kunjungannya, Kepala BRIN didampingi oleh Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi, Yan Rianto, Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretarian, Driszal Fryantoni, Plt. Kepala Biro Perencanaan Keuangan Prakoso Bhairawa, dan Plt. Kepala Biro Manajemen Barang Milik Negara dan Pengadaan, Christianus Ratrias Dewanto. (ns,ash/ ed: drs)

Sebarkan