SIARAN PERS

BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL

NO:  026/SP/HM/BKPUK/III/2022

NTB INOVTEK EXPO 2022 Hadir di Ajang MotoGP Pertamina Grand Prix

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) turut memeriahkan ajang MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan menggelar NTB INOVTEK EXPO 2022 yang berlangsung tanggal 18 – 20 Maret 2022. Dengan menghadirkan produk-produk hasil riset BRIN pada NTB INOVTEK EXPO 2022, diharapkan lebih mendekatkan masyarakat kepada kegiatan riset dan inovasi.

Mataram, 17 Maret 2022. Perhelatan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika menjadi event kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Nusa Tenggara Barat (NTB) ikut memeriahkan acara tersebut dengan menggelar pameran inovasi yang bertajuk NTB INOVTEK EXPO 2022, mulai tanggal 18 – 20 Maret 2022

Pameran inovasi ini diharapkan mampu  mendongkrak pemanfaatan riset dan inovasi di Indonesia. Ajang ini juga dijadikan sebagai sarana memperkenalkan, menampilan dan mempromosikan berbagai hasil riset dan inovasi yang telah dicapai BRIN, baik kepada masyarakat umum, maupun investor, perusahaan, distributor, dan pemerintah daerah.

Plt. Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Masyarakat, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Hardi Julendra mengatakan, pameran inovasi ini merupakan event yang mendukung gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia. “Event ini menjadi ajang yang strategis untuk memperluas akses produk inovasi, teknologi, dan produk unggulan daerah sekaligus memperkuat citra produk yang dihasilkan oleh Industri Kecil Menengah (IKM)/Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia di mata dunia, sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Germas BBI),” kata Julendra.

Dalam event ini, BRIN bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB melalui BRIDA menampilkan hasil riset dan inovasi unggulan terbaru, yang mampu menjawab isu terkini di masyarakat, yang mencakup beberapa fokus bidang riset dan inovasi. Fokus bidang tersebut diantaranya Kesehatan dan Obat, Energi Baru dan Terbarukan, Transportasi, Pangan dan beberapa bidang lainnya.

Julendra menambahkan, selain sebagai upaya memperkenalkan, mendorong dan mengoptimalkan pemanfaatan hasil riset dan inovasi kepada masyarakat luas, keikutsertaan BRIN dalam NTB INOVTEK EXPO 2022 diharapkan  dapat menarik minat para pelaku bisnis atas hasil riset dan inovasi yang telah dihasilkan. “Untuk tercapainya tujuan dan sasaran yang optimal, pada NTB INOVTEK EXPO 2022, BRIN menghadirkan dua kegiatan penting yakni pameran dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi (PRI) Corner dalam bentuk Business Matching,” tambahnya.

Dijelaskan Julendra, keikutsertaan BRIN dan BRIDA dalam NTB INOVTEK EXPO 2022 ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan memperkuat ekosistem riset dan inovasi (termasuk meningkatkan jejaring antar pelaku riset dan inovasi, kolaborasi antara pihak pengguna dan penyedia teknologi), baik secara nasional maupun global.

Dengan mengusung tema Merdeka Inovasi Membangun Untuk Negeri, Julendra berharap kehadiran riset dan inovasi ini menjadi solusi dalam menyelesaikan persoalan kekinian di masyarakat. “Event ini juga diharapkan sebagai upaya peningkatan produktivitas, serta efisiensi biaya dan waktu di sektor usaha melalui pemanfaatan teknologi, yang selanjutnya secara agregat diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing perekonomian nasional,” harapnya.

Ajang pameran ini akan menampilkan berbagai macam invensi dan teknologi serta produk hasil riset inovasi unggulan terbaru BRIN, yang disesuaikan dengan isu terkini. Yang menarik pada expo ini adalah produk hasil riset dan inovasi BRIN yang dihadirkan telah memiliki lisensi dan telah dikolaborasikan dengan industri yang terbagi dalam tiga sektor yakni transportasi, kesehatan dan obat, dan sektor UMKM dan pangan.

Kepala BRIDA NTB, Wirawan mendukung kegiatan pameran inovasi yang diselenggarakan di wilayahnya. Event pameran ini dapat dijadikan sarana mendekatkan riset dan inovasi kepada masyarakat khususnya di wilayah NTB.

Pihaknya, ujar Wirawan, telah memastikan pelaksanaan NTB INOVTEK EXPO 2022 berjalan lancar. “Terkait dengan persiapan NTB INOVTEK EXPO 2022, di kawasan BRIDA NTB yang menjadi salah satu klaster pendukung MotoGP 2022, telah dalam tahap koordinasi akhir untuk memastikan titik-titik lokasi pameran, seminar, serta hiburan rakyat dan pasar murah, serta acara dapat berlangsung dengan lancar,” kata Wirawan.

Mengingat pelaksanaan kegiatan ini masih dalam masa pandemi, Wirawan berpesan kepada semua pihak baik panitia maupun pengunjung  tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Sebarkan