SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
NO: 179/SP/HM/BKPUK/XI/2021

Jakarta – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Research & Technology Expo (Ritech Expo) 2021 secara virtual mulai 10 – 13 November 2021. Gelaran pameran ini bertujuan menghadirkan science experience bagi stakeholder maupun pengunjung, mendorong terjadinya transfer knowledge baik antar peserta maupun peserta dengan pengunjung, menjadi parameter perkembangan produk riset dan inovasi terkini, mendorong proses komersialisasi inovasi, dan mendukung diseminasi inovasi di bidang Iptek.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, kehadiran Ritech Expo 2021 secara virtual tidak akan menghilangkan esensi gelaran pameran. BRIN bersama Lembaga Litbangjirap Pemerintah, Perguruan Tinggi, dan berbagai institusi ternama dalam/luar negeri mampu menyajikan tampilan dan pengalaman terbaik melalui tayangan virtual.

“Selamat menikmati pengalaman terbaik melalui tayangan virtual, melalui kegiatan Ritech Expo 2021. Semoga ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, dan memacu kita untuk terus berinovasi bagi bangsa,” kata Handoko dalam sambutannya dalam Kick Off Ritech Expo 2021, Rabu (03/11).

Pameran yang mengusung tema Digital, Green, Blue Economy akan diisi dengan webinar dengan narasumber Nomo Ruswanto (Asisten Ahli Sekretaris Bidang Inovasi dan Transfer Teknologi ITB), Hidayat Setiaji (Kepala Divisi Komunikasi Pemasaran dan Distribusi PT Biofarma), Juara Pahala Marbun (Kepala Seksi Diseminasi dan Promosi DJKI Kemenkumham), dan Angga Antagia (Senior Country Representative US-ASEAN Business Council). Ritech Expo 2021 merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-26.

Kepala Divisi Komunikasi Pemasaran dan Distribusi PT Biofarma, Hidayat Setiadji mengatakan, Ritech Expo 2021 menjadi ajang penting bagi BUMN industri farmasi untuk mengekspos berbagai produk riset dan inovasi yg telah dihasilkan untuk penanggulangan pandemi Covid-19. “Berbagai produk inovasi hasil kerjasama Biofarma dengan lembaga riset khususnya BRIN, telah berhasil diproduksi. Antara lain, kit deteksi Covid-19 berbasis RT PCR, viral transport media, mobile Lab BSL-3, Bio Saliva, riset plasma convalescent, hingga riset vaksin merah putih,” jelas Hidayat.

Melalui Ritech Expo 2021, BRIN memperkenalkan produk riset dan inovasi sebagai gambaran perkembangan teknologi terkini hasil karya anak bangsa, kepada khalayak. Selain kegiatan webinar, Ritech Expo 2021 juga diisi dengan berbagai klinik konsultasi riset dan pengembangan teknologi. Gelaran Ritech Expo 2021 dapat diakses melalui link www.ritechexpo.id.

Biro Komunikasi Publik Umum dan Kesekretariatan
Badan Riset dan Inovasi Nasional