Jakarta – Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya menandatangani perjanjian kerja sama penelitian dengan PT Nusa Persada Resources (NPR) dalam rangka penyelamatan biodiversitas flora di Kalimantan Tengah, Senin (21/2).

Kepala Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya BRIN, Sukma Surya Kusumah mengatakan penandatanganan tersebut dilakukan sebagai bentuk kehadiran BRIN dalam penyelamatan keanekaragaman hayati serta ekosistemnya dari ancaman kepunahan terutama di area tambang.

Upaya tersebut akan menghasilkan spesimen tumbuhan untuk dikoleksi secara ex-situ di Kebun Raya Purwodadi, bibit tanaman lokal untuk pengayaan di kawasan reklamasi dan konservasi PT NPR, rujukan terkait pengelolaan kanekaragaman tumbuhan di kawasan konsesi, serta publikasi ilmiah.

“Proses penambangan tetap harus dibarengi dengan upaya pemanfaatan berkelanjutan yaitu dengan mengembalikan ekosistem hutan,” ujarnya.

Sukma menambahkan ke depan kerjasama ini bisa memberikan literasi pemahaman terhadap masyarakat lokal terutama di area tambang serta strategi dalam penyelamatan dan pemanfaatannya.

Sementara itu, Direkutur PT Nusa Persada Resources, Ignatius Wurwanto mengatakan pihaknya sudah lama membangun sinergi dalam menyelamatkan biodiversitas Indonesia khususnya di area tambang yaitu sejak 2009 sebagai wujud kepedulian dalam menjaga dan melestarikan biodiversitas sebelum proses penambangan dilakukan. Pada tahun ini, aktifitas penyelamatan biodiversitas akan dilakukan di wilayah konsesi tambang di Kalimantan Tengah.

“Kami ingin melestarikan keanekaragaman hayati sebelum proses tambang dilakukan yang selanjutkanya akan di-reintroduksi di area pasca tambang,” ujarnya. (ADD/BRIN)

Sebarkan