SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor
: 027/SP/HM/BKPUK/III/2022

Sistem Pengelolaan Sumber Daya Air Butuh Partisipasi Masyarakat

Indonesia akan menghadapi puncak bonus demografi pada tahun 2030. Artinya, jumlah penduduk produktif akan mencapai jumlah tertinggi. Keberhasilan pembangunan kapasitas generasi muda menjadi salah satu kunci sukses dalam memanfaatkan bonus demografi ini, termasuk membangun kesadaran tentang pentingnya ketersediaan dan kelestarian air.  Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (World Water Day) 2022, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air bekerja sama dengan Masyarakat Limnologi Indonesia (MLI) mengadakan WEBINAR WORLD WATER DAY 2022, dengan tema “Membangun Kesadaran Generasi Muda tentang Ketersediaan dan Kelestarian Air”, pada Selasa, 22 Maret 2022.

Cibinong, 22 Maret 2022. Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting dalam kehidupan. Secara kuantitatif, keberadaan air sangat melimpah namun hanya lima persen air tawar yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, sisanya air laut. Sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan air bersih semakin meningkat, sementara ketersediaannya semakin menurun. Keadaan ini diperparah dengan pemanfaatan air yang kurang bijak menjadi ancaman bagi lingkungan yang berkelanjutan.

Kepala Organisasi Riset Kebumian dan Maritim BRIN, Ocky Karna Radjasa mengatakan, diperlukan sistem pengelolaan sumber daya air yang menekankan pada sifat kealamiahan lingkungan sumber daya air, dan berpijak pada kesadaran serta partisipasi masyarakat. “Upaya ini akan mampu mengatasi persoalan dan ancaman sumber daya air secara bersama, masif, dan berkelanjutan. Bahkan memungkinkan munculnya model pelestarian dan pengelolaan air yang berkesesuaian dengan cara pandang dan praktik kebudayaan masyarakat setempat,” tutur Ocky.

Atas dasar kepentingan untuk mendorong terobosan-terobosan baru dalam pengelolaan sumber daya air, maka BRIN melalui Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air BRIN bekerja sama dengan Masyarakat Limnologi Indonesia (MLI) berusaha keras mengembangkan berbagai kegiatan dan kerja sama dengan pihak-pihak terkait. Salah satunya menyemarakkan Hari Air Dunia 2022 dengan berbagai kegiatan, antara lain lomba esai, minivlog, dan sarasehan bagi generasi muda di tanah air.

Ketua MLI sekaligus Peneliti Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air BRIN, Luki Subehi, mengatakan, kegiatan ini sebagai sarana kampanye khususnya untuk pelajar akan pentingnya air bagi kehidupan. “Generasi muda diharapkan berperan aktif melindungi perairan dan sumber daya air yang berkelanjutan. Untuk itu, membangun literasi di kalangan generasi muda dan meningkatkan kerja sama strategis berbagai pihak yang memiliki kepentingan dan kewenangan dalam pengelolaan sumber daya air sangatlah penting,” pungkasnya.

Narasumber pada webinar ini adalah Dr. Rachmat Fajar Lubis, Peneliti Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air BRIN, yang membawakan topik “Memahami Interaksi Danau dan Air Tanah di Indonesia: Perspektif yang Kadang Terabaikan. Narasumber kedua adalah Thoriqul Huda, dari PT. Hidronav Tehnikatama yang membawakan topik “Teknologi Terbaru dalam Survei di Perairan”. Webinar akan dipandu oleh Dr. Fajar Setiawan, Peneliti Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air – BRIN.

Sebarkan