Garut – Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (OR PPT BRIN) melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC-19) menyerahkan 5 produk inovasi kesehatan penanganan Covid-19 kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Rabu 27/10/2021.

Dalam kegiatan bakti inovasi ini, OR PPT BRIN melalui TFRIC-19 menyerahan berbagai produk inovasi kesehatan seperti pangan yakni Biskuneo Next Generation dan Purula, serta suplemen untuk penanganan Covid-19 yaitu Stamilic dan Whole Beta, hingga Kit deteksi Covid-19 yaitu Bpro guna mendukung upaya pemerintah dalam melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment).

Penyerahan produk inovasi tersebut diserahkan langsung oleh Kepala OR PPT BRIN, Dadan Moh. Nurjaman didampingi Penanggung Jawab Bidang Fokus Kesehatan dan Pangan OR PPT, Soni Solistia Wirawan yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Maskut Farid.

Kepala OR PPT BRIN, Dadan Moh. Nurjaman mengatakan semua produk kesehatan inovasi TFRIC-19 ini sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan.

“Alhamdulillah, seluruh produk inovasi kami telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan dan sudah di produksi oleh industri. Yang hari ini kami serahkan diantaranya Bpro yakni alat Rapid Diagnostic test Antigen Covid-19 yang sudah teruji memiliki sensitifitas tinggi 99%, kemudian ada suplemen Kesehatan berbasis extrak Black Garlic serta jahe merah yaitu Stamilic untuk peningkatan daya tahan tubuh, memperbaiki lemak darah dan pengendalian komorbid dalam menghadapi COVID-19, lalu ada Whole Beta dari hasil fermentasi bahan alam kacang hijau dengan ragi hitam sebagai imunomodulator, menekan replikasi virus, dan menurunkan peradangan. Untuk produk pangan kami juga ada Biskuneo yaitu biskuit Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta Purula yang dapat memperbaiki penyerapan zat besi dan asam folat yang dapat mencegah anemia,” Sebutnya.

Di kesempatan yang sama Penanggung Jawab Bidang Fokus Kesehatan dan Pangan OR PPT, Soni Solistia Wirawan menambahkan OR PPT BRIN melalui TFRIC-19 siap membantu penyediaan ventilator yang juga inovasi dari TFRIC-19 apabila Kabupaten Garut membutuhkannya.

“Selain produk yang tadi sudah disampaikan Pak Dadan, kami juga memiliki emergency ventilator yang dikembangkan bersama mitra untuk membantu penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut. Jika kebutuhan ventilator di Kabupaten Garut masih tinggi, kami siap membantu dalam penyediaannya,” Tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, produk hasil inovasi TFRIC-19 ini telah disampaikan ke berbagai daerah diantaranya kota Medan, Lampung, Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Kalimantan Timur. Diharapkan hasil inovasi anak bangsa ini dapat semakin banyak dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. (bby)